Menggambar Rumah Dengan AutoCAD

14 Feb

Dalam tulisan yang tetap menganut tata bahasa morat-marit sukses jaya,saya akan membahas sedikit tentang AutoCAD. AutoCAD singkatan dari Automatic Computer Aided Design yang artinya kurang lebih adalah mendesain gambar secara otomatis dengan bantuan computer. Ini merupakan salah satu program computer dari sekian banyak program gambar. Secara umum AutoCAD ini telah di akui bahwa pada program autoCAD banyak kelebihan yang di tawarkan, Namun demikian ada juga kekurangan-kekurangannya. Dengan adanya pembaharuan program tersebut maka kekurangan itu bisa di eliminir.

Pada AutoCAD under DOS ( untuk release 12 dan sebelumnya ), kita harus menghafal ratusan perintah termasuk fungsi dari perintah-perintah tersebut, dan menuliskan perintah tersebut setiap kali menggunakannya. Misalnya kita akan menggambar persegi panjang ,kita tuliskan perintah RECTANG lalu tekan enter pada command line. Pada AutoCAD under windows,cukup klik ikon
pada toolbar. Coba bandingkan berapa waktu yang dapat di hemat?

Kelebihan menggambar rumah dengan autoCAD di bandingkan dengan gambar manual (dengan tangan ) banyak sekali di antaranya:

  • Presisi ukuran sangat tinggi.
  • Ketebalan dan jenis garis banyak variasinya.
  • Ukuran dan model huruf cukup banyak.
  • Dimensi / ukuran muncul sendiri.
  • Gambar yang kecil dan rumit bisa di tampakkan lebih besar.
  • Sebuah gambar bisa di kerjakan oleh beberapa drafter sehingga dapat menghemat waktu.
  • Jika ada perubahan pada gambar yang telah jadi,bisa di lakukan revisi tanpa membuat gambar baru.

Dan masih banyak lagi kelebihan yang di tawarkan oleh program AutoCAD. Untuk AutoCAD 2000 memerlukan hardware yang lebih tinggi spesifikasinya dari release sebelumnya antara lain:

  • Prosesor type pentium atau celleron dengan kecepatan 233 atau lebih.
  • RAM minimum 32 MB ( di sarankan 64 MB atau lebih )
  • Free space hardisk minimum 200 MB.
  • Monitor SVGAPlotter atau printer jet ( missal BJC1000 SP atau yang lebih besar)

Pada masa sekarang ini hampir semua type computer dan printer telah lebih dari mampu untuk menjalankan AutoCAD. Namun demikian apabila para pembaca masih setia dengan hardware type lama dan ingin belajar menggambar rumah dengan AutoCAD 2000, hal-hal di ataslah yang mungkin perlu di perhatikan. Tak di pungkiri bahwa autoCAD 2000 sudah sangat tertinggal karena saat sekarang sudah muncul autoCAD versi 2012 yang mengusung fitur sangat canggih untuk kenyamanan para Drafter dan desainer khususnya teknik civil.

Tapi untuk sekedar belajar dan memahami gambar, AutoCAD 2000 sudah cukup lumayan,apabila pembaca sudah lancar dengan autocad 2000 maka dapat di pastikan pembaca akan lebih ‘lihai’ lagi dengan AutoCAD versi-versi anyar. Para drafter pun juga tak selalu beralih dengan versi anyar karena kenyamanan tiap drafter berbeda dalam menggunakan versi AutoCAD. Misalnya seorang drafter telah sehati dengan autoCAD 2007/2008,meskipun telah muncul versi 2009 dan seterusnya mereka tetap bertahan dengan versi 2007/2008. Perhitungan waktu dalam menyelesaikan sebuah gambarlah yang jadi pertimbangan mereka,sebab dengan versi baru tentunya mereka harus beradaptasi dengan fitur-fitur yang ada.

Kesimpulannya jangan berkecil hati karena menggunakan AutoCAD versi lama. Yang terpenting adalah niat kita untuk belajar dan belajar terus, mustahal kita tak bisa.

Salam Sukses…

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: